Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Bahaya Penggunaan Deterjen Terhadap Polusi Udara

polusiDalam jurnal Atmosfer Kualitas Udara dan Kesehatan menunjukkan bahwa udara yang dilepaskan dari mesin yang menggunakan deterjen dan dryer sheet beraroma mengandung bahan kimia berbahaya, termasuk dua yang diklasifikasikan sebagai karsinogen. "Ini merupakan sumber yang menarik polusi karena emisi dari ventilasi pengering dasarnya tidak diatur dan dimonitor," kata pemimpin penulis Anne Steinemann, seorang profesor UW teknik sipil dan lingkungan dan urusan publik. "Jika mereka keluar dari pipa cerobong asap mereka diatur, tetapi tidak jika mereka keluar dari lubang pengering." Penelitian ini berdasarkan pada apa bahan kimia yang dilepaskan oleh produk binatu, penyegar udara, pembersih, lotion dan produk konsumen lainnya yang memiliki aroma.

Untuk studi baru, berfokus pada bahan kimia yang dikeluarkan melalui ventilasi binatu. Peneliti membeli, handuk katun organik. Mereka meminta dua pemilik rumah untuk mencuci dengan menggunakan mesin cuci mereka dan pengering. Kemudian membersihkan bagian dalam mesin dengan cuka, dan air hanya untuk menghilangkan residu sebanyak mungkin.

Hasil menemukan lebih dari 25 senyawa organik yang mudah menguap, termasuk tujuh polutan udara berbahaya, keluar dari ventilasi. Dua bahan kimia, yaitu asetaldehida dan benzena yang diklasifikasikan oleh Badan Perlindungan Lingkungan sebagai karsinogen. "Produk ini dapat mempengaruhi tidak hanya kesehatan pribadi, tetapi juga kesehatan masyarakat dan lingkungan. Bahan kimia bisa masuk ke udara dan air," kata Steinemann.

"sebelumnya kami fokus mengenai bagaimana mengurangi emisi polutan dari mobil," kata Steinemann. "Dan inilah salah satu sumber polutan yang dapat dikurangi." Steinemann merekomendasikan untuk menggunakan produk cucian tanpa aroma atau bau.

 

 

*Sumber : Sciencedaily.com/Kartika Maharani