Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Anatomi Belut Yang Menyerupai Anatomi Ikan

belutPara ilmuwan di Smithsonian dan organisasi kemitraan telah menemukan belut primitif dalam terumbu karang di lepas pantai Republik Palau. Spesies ini menunjukkan banyak fitur anatomi primitif yang tidak diketahui dalam 19 keluarga lain dan lebih dari 800 spesies belut hidup.

Banyak fitur fisik baru dari genus dan spesies belut, Protoanguilla Palau, yang mencerminkan hubungan dengan 19 keluarga Anguiliformes. Ciri fisik lain yang lebih primitif, seperti tulang rahang kedua atas (premaxilla) dengan jumlah yang kurang dari 90 tulang. Dimana ciri ini hanya ditemukan dalam fosil dari periode Kapur (140000000-65000000 tahun yang lalu). Namun ciri lainnya, seperti set lengkap tulang bergigi "alat penyapu," yang terletak pada lengkungan insang adalah fitur umum di sebagian besar tulang ikan. Analisis tim DNA mitokondria menunjukkan bahwa P. keseluruhan Palau berhubungan dengan sejarah evolusi yang sebanding dengan urutan seluruh spesies belut hidup dan fosil belut.

"Belut primitif ini setara dengan jenis ikan yang tidak pernah terlihat sejak penemuan coelacanth di akhir 1930-an," kata Dave Johnson, ahli ikan di Museum Nasional Smithsonian Natural History. Anguilliformes merupakan kelompok yang berbeda  dengan ikan bertulang, yang pertama kali muncul dalam catatan fosil sekitar 100 juta tahun lalu. Mereka akhirnya kehilangan bentuk sirip pelvis, punggung mereka, sirip anal dan ekor  secara terus menerus. Jenis belut sangat beragam dan dapat ditemukan di berbagai habitat dari perairan pantai yang dangkal dengan laut terbuka yang mendalam.

"Penemuan spesies ini baru yang luar biasa dan indah yang menggarisbawahi berapa banyak lagi hal yang dapat kita pelajari dari planet ini," kata Johnson. Selain penemuan ini, upaya konservasi akan terus ditingkatkan di masa mendatang. Mengingat saat ini spesies yang diketahui dari gua di Palau hanya berjumlah 10 spesimen.

 

 

*Sumber : sciencedaily.com/Kartika Maharani