Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Langkah Menjadi Seorang Penulis Yang Baik

 

penulisKehidupan seorang penulis terkadang digambarkan tidak begitu menyenangkan dalam sebuah film atau novel. Namun dalam kehidupan nyata, seorang penulis begitu menikmati profesinya yang memiliki waktu sangat fleksibel. Seorang penulis bertanggung jawab untuk meneliti dan menciptakan sebuah tulisan untuk sebuah buku, majalah, website atau media lainnya. Mereka sering menetapkan jam mereka sendiri dan bekerja dari rumah.

Banyak penulis lepas yang bekerja berdasarkan penugasan dan memiliki pendapatan yang bervariasi dari bulan ke bulan. Semua penulis, secara teratur akan menghadapi tekanan tenggat waktu (deadline) untuk setiap penulisannya. Dengan banyaknya kompetisi untuk pekerjaan sebagai penulis, maka anda harus dapat mempersiapkan diri untuk menjadi individu yang mampu bertahan dalam dunia kompetisi ini, bila anda tidak ingin terjungkal dari dunia para penulis. Beberapa langkah dibawah ini, mungkin dapat membantu anda untuk meningkatkan kemampuan anda sebagai seorang penulis.

 

  • Tingkatkan keterampilan menggunakan komputer. Karena penulis akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk meneliti di Internet dan di database. Penulis akan membutuhkan perangkat komputer untuk mempermudah aktifitasnya dalam mengolah kata dan berkomunikasi dengan editor. Karena, secara tidak langsung penulis akan menggunakan sejumlah program lain, seperti  perangkat lunak pengolah kata, program email, browser internet, mesin pencarian Internet, database online, dan pencipta file guna mendukung pekerjaan mereka.
  • Baca semua genre dan topik yang menarik. Penulis yang baik akan banyak membaca untuk melihat apa yang penulis lain tulis serta untuk mengidentifikasi pola menulis yang baik atau setidaknya untuk merangsang pikiran dalam penulisan selanjutnya.
  • Mendapatkan gelar akademis di bidang yang berhubungan dengan penulisan, seperti jurnalisme, bahasa Inggris, komunikasi atau sejarah, tidaklah menjadi sebuah jaminan bagi seseorang untuk menjadi seorang penulis yang handal. Namun, berbagai kesempatan diluar akademislah yang akan membuat anda menjadi seorang penulis handal. Seperti mencoba untuk menulis dibeberapa media atau blog pribadi yang berdasarkan riset atau survei, dapat meningkatkan kemampuan anda untuk mengolah kata menjadi sebuah penulisan yang baik.
  • Menulis dan praktek. Anda harus bekerja dan berlatih untuk mengasah keterampilan menulis anda.
  • Membuat sampel. Buatlah beberapa contoh penulisan sebagai stok ketika ingin melamar posisi sebagai seorang penulis. Anda dapat memulainya dengan menulis untuk siswa, lokal, publikasi gratis atau website. Dan hal yang terpenting adalah membangun hubunagn yang abik denagn para penerbit.
  • Siapkan portofolio dan publikasikan melalui blog atau website pribadi anda, hal ini akan membuat beberapa editor menyoroti tulisan anda, dan rajin-rajinlah mencari link para penerbitan.

 

 

 

*Sumber : eHow.com/Kartika Maharani