Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Tomat Adalah Buah Bukan Sayur

tomatTomat adalah buah yang paling populer di dunia. Seperti terung dan labu, botanikal iniadalah buah, bukan sayuran. Lebih dari 60 juta ton tomat diproduksi per tahun, 16 juta ton lebih populer kedua, dari pisang. Apel yang paling populer ketiga (36 juta ton), kemudian jeruk (34 juta ton) dan semangka (22 juta ton). Tomat pertama kali dibudidayakan di 700 Masehi oleh suku Aztec dan Inca. Penjelajah kembali dari Meksiko memperkenalkan tomat ke Eropa, pada tahun 1556. Orang Prancis menyebutnya "apel cinta" dan Jerman dengan "apel surga".

Tomat kaya vitamin A dan C dan serat, dan bebas kolesterol. Sebuah tomat ukuran rata-rata (148 gram, atau 5 ons) dengan kalori hanya 35 gram. Selanjutnya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan likopen merupakan hal yang membuat tomat berwarna merah dan dapat mencegah kanker.

Lycopene merupakan bagian dari keluarga pigmen yang disebut karotenoid. Senyawa alami yang menciptakan warna-warna buah-buahan dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen oranye pada wortel. Seperti dengan asam amino esensial, mereka tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Lycopene adalah antioksidan paling kuat pada karotenoid, vitamin C dan E, yang akan melindungi kita dari radikal bebas pada tubuh.

Istilah ilmiah untuk tomat umum adalah Lycopersicon Lycopersicum , yang berarti Ini adalah sepupu dari terong, paprika merah, ceri tanah, kentang, dan Belladonna sangat beracun, juga dikenal sebagai nightshade atau solanaccae "persik serigala.". Ada lebih dari 10.000 varietas tomat.

Buah adalah bagian yang dapat dimakan dari tanaman yang berisi biji, sedangkan sayuran adalah batang yang dapat dimakan, daun, dan akar tanaman. Tomat yang dimasak memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan bila tidak dimasak.Sebaiknya tidak menyimpan tomat matang dalam lemari es, karena suhu dingin mampu mengurangi rasa pada tomat.

 

 

*Sumber : didyouknow.org/Kartika Maharani