Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Khasiat Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil

 

DHASebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi suplemen minyak ikan bagi ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi mereka. Dalam hal ini, bayi mereka akan menjadi lebih cepat mengatasi pilek, jika selama hamil sang ibu mengkonsumsi 400 miligram suplemen yang mengandung asam docosahexaenoic (DHA).

"DHA penting untuk anak yang belum lahir dan bayi baru lahir, dan wanita hamil harus memastikan bahwa mereka cukup mendapatkannya, namun akan lebih baik bila mengkonsumsi ikan segar" kata Philip Calder, seorang profesor epidemiologi nutrisi di University of Southampton di Inggris.

Temuan terbaru ini didasarkan pada hasil dari lebih dari 800 wanita, setengah dari mereka mengambil suplemen DHA setiap hari selama kehamilan. Bayi kemudian diperiksa pada usia 1, 3 dan 6 bulan, dan ibu mereka ditanya apakah, dalam dua minggu terakhir, bayi memiliki gejala seperti kongesti, muntah dahak, dan ruam dan berapa lama mereka bertahan.

DHA adalah salah satu dari tiga jenis omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Sementara DHA telah terbukti berpotensi manfaat perkembangan kognitif, pengembangan kekebalan tubuh dan penyakit jantung. Namun tidak sedikit dari ibu hamil yang khawatir mengenai makan ikan karena kandungan merkurinya.

"DHA juga sangat penting untuk otak bayi secara dini dan pengembangan mata," kata Calder. Ini adalah perisai penting yang tidak dapat dipenuhi oleh asam lemak lainnya. Calder menambahkan bahwa DHA mungkin juga penting untuk jantung, pengembangan sistem pembuluh darah dan kekebalan tubuh.

 

 

 

*Sumber : livescience.com/Kartika Maharani