Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Manfaat dibalik Ruas Bawang Bombay

bombayLebih dari 500.000 ton limbah bawang bombay dibuang di Uni Eropa setiap tahun. Namun, para ilmuwan mengatakan ini bisa menjadi bahan makanan. Kulit cokelat dan lapisan eksternal kaya serat dan flavonoid, sedangkan bagian dalamnya mengandung senyawa belerang dan fructans. Semua zat ini bermanfaat bagi kesehatan. Lebih dari 500.000 ton limbah dihasilkan di Uni Eropa setiap tahun, di atas Spanyol, Belanda dan Inggris, dimana telah menjadi masalah lingkungan.

"Salah satu solusi bisa menggunakan limbah bawang merah sebagai sumber alami bahan dengan nilai fungsional tinggi, karena sayuran ini kaya akan senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia," kata Vanesa Benítez, seorang peneliti di Departemen Kimia Pertanian di Otonomi Universitas Madrid (Spanyol).

Kelompok riset Benítez bekerja dengan para ilmuwan dari Cranfield University (Inggris) untuk melakukan eksperimen laboratorium untuk mengidentifikasi zat dan kemungkinan penggunaan setiap bagian dari bawang. Hasilnya telah dipublikasikan dalam jurnal Tanaman Makanan for Human Nutrition.

Menurut penelitian, kulit coklat dapat digunakan sebagai bahan fungsional tinggi serat (terutama jenis non-larut) dan senyawa fenolik, seperti quercetin dan flavonoid lain (metabolit tanaman dengan sifat obat). Dua lapisan berdaging luar bawang juga mengandung serat dan flavonoid. "Makanan berserat mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes tipe-2 dan obesitas," peneliti poin keluar.

Sementara itu senyawa fenolik, mampu membantu mencegah penyakit koroner dan memiliki sifat anti-karsinogenik. Tingginya tingkat senyawa ini di kulit kering dan lapisan luar umbi juga memberikan kapasitas antioksidan tinggi. Para peneliti menyarankan untuk menggunakan bagian-bagian internal dan bawang utuh yang dibuang sebagai sumber dan senyawa belerang fructans. Fructans adalah prebiotik, dengan kata lain mereka memiliki efek kesehatan yang menguntungkan mereka secara selektif merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri dalam usus besar.

Senyawa belerang mengurangi akumulasi trombosit, meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung secara umum. Mereka juga memiliki efek positif pada antioksidan dan anti-inflamasi sistem pada mamalia. "Hasil penelitian menunjukkan bahwa itu akan berguna untuk memisahkan bagian-bagian yang berbeda dari bawang yang dihasilkan selama proses industri," jelas Benitez. "Ini akan memungkinkan mereka untuk digunakan sebagai sumber senyawa fungsional yang akan ditambahkan ke bahan makanan lain.

 

 

*Sumber : sciencedaily.com/Kartika Maharani