Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Pendidikan Berkarakter

Pendidikan berkarakterPakar Pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Prof.Dr. Syofiarma Marsidin memandang dalam implementasi pendidikan berkarakter harus dilakukan secara terintegrasi oleh semua tenaga pengajar mata pelajaran. Pendidikan berkarakter itu sendiri, sudah seharusnya dilakukan secara terintegrasi oleh semua tenaga pengajar mata pelajaran, ujar Pakar Pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Prof.Dr. Syofiarma Marsidin.

Yang mana Wilayah pendidikan atau pengajaran meliputi tiga aspek, ada kognitif, afektif dan psikomotor. Jadi, untuk wilayah pendidikan berkarakter lebih pada afektifnya," kata Syofiarma Marsidin di Padang. Dan faktor afektif menjadi sasaran dalam pendidikan berkarakter, karena lebih pada nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam implementasi pendidikan, tambahnya.

Dengan adanya rasa cinta tanah air, kesetiakawanan, kejujuran, bertanggungjawab, solidaritas dan kerjasama harus dibangkit dalam pendidikan berkarakter. Maka, tidak  harus ada mata pelajaran khusus dalam kurikulum pendidikan.

Selain itu, nilai-nilai harus dibangun juga dalam program pendidikan yang sifatnya ekstrakurikuler yang dibangun menjadi budaya sekolah, pendidikan yang berkarakter pada ranah pendidikan informal, mulai dari tingkat keluarga (orangtua, red) dan lingkungan serta lembaga sosial keagamaan lainnya. Dan Kini Sumbar sudah menetapkan 19 sekolah di seluruh kabupaten/kota sebagai percontohan, dan tentunya  diperlukan peran serta dari Kepala Sekolah serta guru-guru yang berkualitas,katanya.

Sekolah penyelenggara pendidikan berkarakter di Sumbar, meliputi SMAN 1 Padang, SMAN 1 Padang Panjang, SMAN 2 Pariaman, SMAN 1 Bukittinggi, SMAN 1 Payakumbuh, SMAN 1 Solok, SMAN 1 Sawahlunto, SMAN 1 Lubuk Alung Padang Pariaman. Selanjutnya, SMAN 3 Batusangkar Tanah Datar, SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok, SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2 Painan Pesisir Selatan, SMAN 1 Suliki Limapuluh Kota. Kemudian SMAN 1 Pasaman Barat, SMAN 1 Lubuk Sikaping Pasaman, SMAN 1 Pulau Punjung Dharmasraya, SMAN 1 Solok Selatan, SMAN 1 Lubuk Basung Agam dan SMAN 2 Sipora Kepulauan Mentawai.